Forgot Password Register

Perhatikan 2 Hal Ini Sebelum Membeli Wadah Plastik Agar Tak Keracunan

Perhatikan 2 Hal Ini Sebelum Membeli Wadah Plastik Agar Tak Keracunan Ilustrasi wadah plastik. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sering kali kita memanfaatkan wadah plastik untuk membawa makanan dan minuman, tapi apakah kita sudah memastikan wadah itu aman digunakan dengan jenis makanannya?

Melansir laman Food News, Jumat (12/4/2019) setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan sebelum menempatkan makanan dan minuman dalam wadah plastik.

1. Periksa simbol daur ulang

Biasanya simbol ini terletak di bagian bawah wadah, dengan nomor dan simbol yang beragam. Biasanya botol air dan wadah kemasan dibuat lebih simpel dengan simbol segitiga #1, terbuat dari plastik yang aman untuk makanan. Namun perlu diingat wadah ini hanya untuk satu kali pemakaian dan langsung dibuang. 

Baca juga: 4 Makanan Ini Masih Layak Dikonsumsi Meski Sudah Berjamur

Adapula dengan simbol food grade dengan jenis HDPE #2. Sebagian besar wadah ini terbilang aman lantaran tidak tembus cahaya dan mampu melindungi isinya. Sebutannya sering kali berbeda seperti food grade, food save, dan istilah serupa lainnya.

2. Plastik tidak menempel ke makanan

Jika semua produk berkualitas tinggi dengan label food grade yang semuanya berkode HDPE #2, maka dipastikan produk tersebut aman digunakan. Yang ditakutkan adalah produk yang tidak memperhatikan kualitas dan tidak menggunakan agen rilis cetak plastik, sehingga bahan kimia plastik itu menempel di permukaan makanan.

Baca juga: Benarkah Air Mineral Botolan Tidak Lebih Sehat dari Air Ledeng?

Perlu diperhatikan, tidak semua kode HDPE #2 berlabel food grade. Karenanya, pastikan saat membeli kotak makanan untuk perhatikan label food grade yang tertera.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More